Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Persediaan Sembako di Rumah Selama Pandemi

Pentingnya Persediaan Sembako di Rumah Selama Pandemi

Seperti yang kita ketahui, kondisi pandemi di Indonesia belum benar-benar reda. Bahkan, masih banyak kasus peningkatan penyebaran virus covid 19 yang membuat semua kalangan menjadi khawatir.

Seperti anjuran dari pemerintah untuk mengatasi dan memutus penyebaran rantai kehidupan virus corona ini, kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun, makan makanan yang bergizi, selalu memakai masker ketika terpaksa harus keluar dan lebih baik tetap di rumah saja jika tidak terlalu penting. Dan saat ini pula, sudah banyak kantor perusahaan yang menerapkan system kerja “Work from home”. Jadi, usahakan jangan keluar dahulu jika tidak terlalu penting ya.

Ketika kita di rumah saja, tentu kita harus menyiapkan persediaan sembako mulai dari bahan makanan, keperluan mandi, dan keperluan lainnya. Dengan diberlakukannya self quarantine dan social distancing, maka kebutuhan sehari-hari juga harus dipenuhi terutama kebutuhan sembako terkait bahan makanan. Lantas, kebutuhan sembako bahan makanan apa saja yang harus Anda siapkan untuk mengadapi pandemi ini?

1. Berbagai Macam Sembako

Anda perlu menyiapkan sembako yang sering digunakan ini dalam jumlah yang cukup banyak seperti Beras, minyak goreng, gula, garam, dan bahan pokok lainnya yang harus ada di dapur.

Untuk kebutuhan beras, Anda tidak perlu repot bolak-balik beli dengan membeli langsung beras 10 kg. Begitu pun juga dengan kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam jumlah banyak.

2. Berbagai Macam Buah-buahan

Belilah buah-buahan segar seperti apel, semangka, jeruk, melon, pisang, pear, anggur dan buah lainnya yang bisa Anda simpan kemudian di dalam kulkas untuk waktu yang lama.

Selain buah segar, ada alternative lain yaitu dengan membeli buah dalam bentuk kaleng yang mudah dijumpai di berbagai swalyan dan supermarket.

3. Berbagai Macam Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, Anda juga jangan sampai lupa untuk membeli sayur sayuran yang dapat bertahan sedikit lebih lama di kulkas, seperti tomat, kubis, brokoli, kentang, wortel dan sayuran lainnya. Tak masalah jika Anda ingin membeli sayuran sejenis bayam atau selada, namun pastikan Anda memasaknya sehari atau dua hari setalah Anda beli.

4. Protein hewani

Untuk memenuhi protein hewani dalam tubuh, siapkan juga persediaan sembago seperti daging ayam, daging sapi, ikan dan telur. Telur bisa Anda simpan di dalam kulkas, sedangkan ayam, ikan, dan daging sapi bisa Anda bekukan di dalam freezer setelah dibungkus dalam jumlah per sekali masak, agar jika sewaktu-waktu ingin memasaknya, tidak terlalu kerepotan lagi dalam penyiapannya.

5. Makanan instan

Nah ini juga perlu. Sesekali, Anda juga bisa membuat makanan instan, seperti mie instan, pasta instan, hingga bubur instan dengan berbagai merek yang banyak tersedia di supermarket.

6. Roti

Jika diperlukan, penuhi juga stok roti di dalam rumah. Sedikit tips agar roti bisa tahan lama, yaitu dengan membekukan roti tawar dalam freezer agar roti tahan lama. Kemudian gunakan seperlunya saja dan hangatkan terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsinya.

7. Susu

Anda juga harus menjaga kesehatan dan nutrisi tubuh dengan minum susu. Terutama Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Jika diperlukan, sediakan juga yoghurt atau minuman probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

8.Camilan

Ini yang sering dicari-cari penghuni rumah. Biar tidak bosan menjadalni aktivitas di dalam rumah, siapkan juga berbagaimacam camilan atau snack favorit yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tentunya, pilih jenis camilan yang menyehatkan ya.

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kebutuhan pokok sedikit lebih banyak dari biasanya dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Akan tetapi, jangan sampai Anda membelinya secara berlebihan, apalagi hingga menimbun, yang mengakibatkan barang pokok menjadi habis dan orang lain yang membutuhkan tidak kebagian kebutuhan tersebut.

Jadi, belilah sembako sesuai kebutuhan dan gunakan sewajarnya ya! Semoga bermanfaat!